Komisi Pemuda

Kilas Perjalanan

Pada awal berdirinya THKTKH Semarang ( GKI Karangsaru ), masih sedikit kaum muda yang hadir dalam kebaktian ataupun terlibat dalam pelayanan gerejawi lainnya. Tapi hal ini berubah, ketika pada bulan Agustus 1939, Ev. Dr. John Sung dari China, mengadakan KKR besar  besar di Semarang selama satu minggu. Banyak jiwa yang berhasil dimenangkan bagi Tuhan, dan sebagian besar dari mereka adalah para pemuda pemudi. Tentu saja hal ini membawa hal yang positif bagi gereja, karena kaum muda yang berkobar – kobar imannya ini mulai membanjiri gereja dan terlibat dalam banyak pelayanan.

Selanjutnya, kaum muda ini kemudian membentuk kelompok sendiri  sendiri, sebagai wadah persekutuan mereka. Melihat banyaknya kelompok ini, maka dua pemuda, Oei Liang Bie dan Tan Ik Hay, berinisiatif untuk mengumpulkan dan menyatukan mereka dalam satu wadah. Sebagai hasil kerja keras mereka, pada tanggal 10 Maret 1941, berdirilah Perkumpulan Pemuda Gereja Kristen THKTKH, yang kemudian diberi nama : “Chua Hua Chi Tuh Chiao Tsing Nien Pu”. Selain mengadakan persekutuan setiap hari Sabtu sore, mereka pun mengadakan kegiatan  kegiatan lainnya yang menarik banyak pemuda untuk bergabung, seperti : Paduan suara, kepanduan, Pemahaman Alkitab dan lain  lain.

Persekutuan Pemuda ( 1950-an )

Program Kerja

Akhirnya, seturut dengan perkembangan jaman, maka pada tahun 1964, perkumpulan pemuda ini yang dahulunya berdiri diluar struktur organisasi gereja,  dijadikan sebagai Komisi Pemuda yang berada di bawah gereja dan bertanggung jawab kepada Majelis Jemaat.

Pada masa selanjutnya, kaum muda terbukti telah menjadi “tulang punggung” perkembangan gereja dan menjadi pelopor dalam banyak pelayanan gerejawi yang ada. Oleh karena itu, menyadari tugas dan tanggung jawabnya sebagai generasi penerus gereja, maka Komisi Pemuda mengagendakan banyak kegiatan yang bertujuan meningkatkan kehidupan rohani pemuda dan mendorong mereka terlibat dalam pelayanan gerejawi yang ada :

  • Persekutuan Pemuda, setiap Sabtu sore jam 17.30
  • Kelompok Tumbuh Bersama (KTB)
  • Persekutuan Padang
  • Refresing Course (RC) Pemuda
  • Achievement Motivation Trainning (AMT)
  • Visitasi
  • Paduan Suara Nativity Choir
  • Olah Raga
  • Regenerasi dan pembinaan calon pengurus

Persekutuan Komisi Pemuda ( 2009 )

%d bloggers like this: