YPK “Arimatea”

YAYASAN PELAYANAN KEMATIAN “ARIMATEA”

Peresmian Mobil Jenazah "Arimatea" ( 1977 )

Peresmian Mobil Jenazah "Arimatea" ( 1977 )

Dengan didasari semangat saling mengasihi dan tolong menolong sebagai satu keluarga Tuhan, terutama pada saat sebuah keluarga sedang dirundung duka karena ditinggal oleh seorang anggota keluarga mereka, maka pada tanggal 26 Maret 1974, Majelis Pusat GKI Karangsaru Semarang memutuskan untuk mendirikan seksi kematian GKI Karangsaru. Seksi ini bekerja langsung dibawah Majelis Pusat, dan bertugas untuk membantu anggota Jemaat dalam urusan pemakaman selengkapnya dan memberikan bantuan / santunan kepada anggota keluarga yang ditinggalkan.

Pada awalnya para pengurus turun tangan langsung untuk memikirkan dan mengerjakan hal-hal yang sekecil apapun bentuknya, dibantu tenaga lapangan yang relatif sangat minimal. Namun seiring dengan kebutuhan pelayanan kematian yang semakin bertambah dan membutuhkan penanganan yang profesional, maka pada tanggal 25 April 1978, seksi ini secara resmi disahkan dihadapan notaris Januar Tirtaamidjaja SH. menjadi Yayasan Pelayanan Kematian (YPK) “Arimatea”.

Peresmian Mobil Jenazah "Arimatea" ( 1982 )

Peresmian Mobil Jenazah "Arimatea" ( 1982 )

Sebagai wujud tolong menolong antar jemaat dan masyarakat umum, maka  YPK Arimatea membuka kesempatan kepada jemaat dan masyarakat umum untuk menjadi peserta YPK Arimatea dengan membayar iuran bulanan sesuai yang ditetapkan pengurus. Setiap peserta apabila meninggal dunia akan mendapat pelayanan yang diperlukan dengan harga khusus dan mendapat santunan bagi ahli waris / keluarga. Selain itu, YPK Arimatea tidak saja memberikan pelayanan kematian kepada para anggotanya saja, tetapi juga kepada masyarakat umum, mulai dari peminjaman mobil jenazah, peminjaman perabot keperluan pemakaman, penyediaan tanah makam, penyediaan peti mati, sampai dengan pengurusan surat kematian.

Sampai saat ini, YPK Arimatea telah memiliki 2 (dua)  buah lokasi tanah kubur di daerah Kedungmundu, masing-masing di kompleks “LAZARUS” dan “ARIMATEA”. Selain itu, Yayasan Arimatea juga memiki 5 buah mobil jenasah yang siap melayani setiap saat.  Berbagai jenis dan ukuran peti tersedia di Ruang Pamer yang bisa dilihat dan dikunjungi kapan saja di Jl. Pandean Lamper III/6, telepon 8313468 atau 081-1271723.

Peringatan 30 Tahun "Arimatea" ( 2008 )

Peringatan 30 Tahun "Arimatea" ( 2008 )

Pelayanan yang sudah dimulai Tuhan ini, kini dipercayakan pada para pengurus yang dipilih dan diutus dalam periode tertentu oleh Majelis Jemaat GKI Karangsaru, GKI Beringin dan GKI Peterongan Semarang, yang terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan memuaskan bagi semua pengguna jasa YPK Arimatea, sesuai tekadnya berusaha menjadi SAHABAT DIKALA DUKA bagi keluarga.

%d bloggers like this: