Komisi Remaja & Komisi Madya

Kilas Perjalanan

Dalam perkembangan hidup manusia, usia remaja adalah masa – masa peralihan, dimana di satu sisi mereka bukanlah anak  anak lagi, tapi disisi yang lain, kepribadian mereka belum matang untuk memasuki dunia dewasa. Pada masa inilah mereka berjuang untuk menemukan jati diri mereka. Dalam situasi seperti ini, jika seorang remaja dibina dengan tepat dan baik, maka mereka akan menjadi remaja yang bijaksana. Sebaliknya, tanpa pembinaan yang tepat, mereka akan menjadi rusak dan suka memberontak.

Atas dasar permikiran inilah, maka GKI Karangsaru mulai melakukan kebaktian / persekutuan khusus untuk Remaja ( SMP dan SMA ) pada bulan Juli 1967, yang pada waktu itu menjadi seksi / bagian pelayanan dari Komisi Pemuda.  Pada tahun 1973, dengan mempertimbangkan efektifitas pembinaan, maka kebaktian dikembangkan menjadi dua, yaitu kebaktian Madya ( SMA ) dan kebaktian Remaja ( SMP ). Kebaktian remaja diadakan jam 7.30 pagi, sedang kebaktian Madya dilakukan jam 6 pagi, dengan tujuan agar anak-anak Madya ini setelah selesai kebaktian dapat melayani sebagai guru Sekolah Minggu di cabang – cabang Selolah Minggu yang ada. Seiring dengan berkembangnya persekutuan Remaja  Madya ini, maka pada awal tahun 80-an, seksi Remaja Madya yang dulunya dibawah Komisi Pemuda, dikembangkan menjadi Komisi Remaja Madya.

Pada tahun 1990, dengan pertimbangan bahwa kebaktian Madya makin sedikit dihadiri oleh anak Madya, maka kebaktian Madya kemudian digabung dengan kebaktian Remaja pada pukul 07.30 pagi. Tapi seiring  berjalannya waktu dan menyadari  kenyataan bahwa banyak anak Sekolah Minggu yang hilang setelah masuk komisi Remaja, maka pada awal tahun 2000-an, muncul pemikiran untuk menghidupkan kembali kebaktian Madya. Hanya saja, istilah kebaktian Madya disini digunakan untuk anak SMP, sedangkan kebaktian Remaja diadakan untuk anak SMA. Akhirnya, pada tahun 2005, kepengurusan Madya berdiri sendiri menjadi Komisi Madya.

Camp II Remaja Madya ( 26-29 Agustus 1974 )

Program Kerja

Dengan menyadari makin beratnya tantangan pembinaan iman untuk para remaja dan madya di masa kini, maka Komisi Remaja dan Komisi Madya menyusun program kerja dan kegiatan – kegiatan yang cocok untuk para remaja dan madya ( walaupun berdiri sendiri, banyak kegiatan Komisi Remaja & Komisi Madya yang dilakukan bersama ) :

  • Kebaktian Remaja, setiap Minggu jam 07.30 pagi
  • Kebaktian Madya, setiap Minggu jam 09.00 pagi.
  • Persekutuan Doa, setiap Minggu jam 17.00
  • Kebaktian Padang
  • Persekutuan Pengurus Remaja Madya
  • Bible Camp Remaja Madya
  • Pelatihan Musik dan Ibadah
  • Perayaan Paskah Remaja – Madya
  • Perayaan Natal Remaja – Madya
  • Olah raga

Komisi Remaja & Komisi Madya (2009)

%d bloggers like this: