Yayasan Sekolah Kristen Indonesia ( YSKI )

Kilas Perjalanan YSKI

PG/TK/SD Kristen 1 YSKI Semarang

PG/TK/SD Kristen 1 YSKI Semarang

Yayasan Sekolah Kristen Indonesia didirikan pada tahun 1951  dengan nama “ Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa Semarang” oleh tiga anak Tuhan dari GKI Karangsaru: Liem Hwai Gie (Yahya Hadinoto), Yap Hwat Ling dan Gan Hok Gwan (Yahya S. Gani).

Pada masa itu belum banyak sekolah yang memiliki ciri khas dalam pengajarannya. Hal tersebut mendorong ketiga anak Tuhan tersebut diatas untuk mendirikan yayasan pendidikan yang mengelola Sekolah Dasar serta Sekolah Menengah dengan dasar agama Kristen, sehingga lahirlah “Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa Semarang” yang dikukuhkan di depan Notaris Tan A Sioe dengan Akte Notaris No. 53 tertanggal 15 Nopember 1951.

PG/TK/SD Kristen 2 YSKI Semarang

PG/TK/SD Kristen 2 YSKI Semarang

Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa mengelola 3 unit sekolah, diantaranya :

1. SD Kristen 1 (d/h bernama SR Masehi Jomblang) berlokasi di Jl. Mataram 719 Semarang.

2. SD Kristen 2 (d/h bernama SR KristenTionghoa) berlokasi di Jl. Dr. Cipto 109 Semarang.

3. SMP Masehi 2 berlokasi di Jl. Sidodadi Timur 23 Semarang.

Sekolah-sekolah inilah yang merupakan cikal bakal dan pondasi bagi Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa untuk lebih menapakkan kaki di dunia pendidikan.

Pada tanggal 28 Mei 1959 nama Yayasan Sekolah Kristen Tionghoa  diubah menjadi Yayasan Sekolah Kristen Indonesia, dan pergantian nama Yayasan tersebut kemudian disusul dengan perubahan Anggaran Dasar Yayasan. Perubahan Anggaran Dasar tersebut dimaksudkan untuk lebih mengokohkan eksistensi Yayasan Sekolah Kristen Indonesia Semarang.

YSKI di Tahun 2000

PG/TK/SD Kristen 3 YSKI Semarang

PG/TK/SD Kristen 3 YSKI Semarang

Kompetisi antar sekolah swasta dan perkembangan di dunia pendidikan, menuntut YSKI untuk meningkat kan kualitas serta lebih dinamis dalam mengikuti tuntutan perkembangan dunia Pendidikan. Oleh karena itu, mulai tahun ajaran 2000 / 2001 YSKI mewajibkan semua guru dari tingkat SD sampai dengan SMU minimal berijazah sarjana ( S1 ).

Pada perkembangannya, tahun 2006 Yayasan Sekolah Kristen Indonesia membentuk tim pelaksana kegiatan, yang terdiri dari seorang Manager dan Kepala Bagian ( Ka. Bag. Kerohanian, Ka.Bag. Pendidikan, Ka.Bag. Keuangan dan Administrasi, Ka.Bag.Umum dan Ka.Bag Humas ).

Dengan adanya tim Pelaksana Kegiatan ini, Yayasan Sekolah Kristen Indonesia telah mengalami banyak perubahan positif, untuk menjadi lebih inovatif dan dinamis dalam memenuhi tuntutan perkembangan dunia pendidikan.

Hingga saat ini Yayasan Sekolah Kristen Indonesia telah memiliki 5 (lima) buah sekolah, yaitu :

SMP Kristen YSKI Semarang

SMP Kristen YSKI Semarang

  1. PG/TK/SD KRISTEN 1 YSKI, Jl. Kompol Maksum 280 Semarang
  2. TOODLER/PG/TK/SD KRISTEN 2 YSKI,  Jl. Dr. Cipto 109 Semarang
  3. PG/TK/SD KRISTEN 3 YSKI, Jl. Tanjung 14 Semarang
  4. SMP KRISTEN YSKI ,  Jl. Sidodadi Timur 23 Semarang
  5. SMA KRISTEN YSKI,  Jl. Sidodadi Timur 23 Semarang

Beberapa program baru dilaksanakan oleh Yayasan Sekolah Kristen Indonesia yang diselenggarakan untuk memajukan dunia pendidikan. Program – program baru tersebut antara lain :

  • Toodler Class, yaitu program untuk anak – anak Pra Play Group. Program Toddler Class ini ada pada unit Kristen 2.
  • Smart Class, yaitu kelas untuk siswa dengan kemampuan IQ Superior ( skala Wechsler ). Smart Class ini ada pada unit Kristen 3.
  • Language Class, yaitu kelas bahasa untuk siswa SMA, dimana kelebihan dari Language Class yang dimiliki oleh SMA Kristen YSKI adalah adanya Cross Culture Understanding ( CCU ), sehingga siswa bukan hanya sekedar belajar berbagai bahasa, namun siswa juga diberi pengetahuan mengenai budaya dari negara tersebut.
SMA Kristen YSKI Semarang

SMA Kristen YSKI Semarang

Disamping itu, YSKI juga menerapkan Multiple Intelligences ( Kecerdasan Majemuk ) sebagai metode pembelajaran, serta mengaplikasikan entrepreneurship dalam setiap mata pelajaran mulai dari tingkat TK sampai dengan SMA dimana tiap jenjang memiliki penerapan nilai entrepreneurship yang berbeda.

%d bloggers like this: