Komisi Paduan Suara & Kesenian

Kilas Perjalanan

Pada awalnya, kelompok Paduan Suara merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh perkumpulan pemuda pada tahun 1948-an.  Ternyata kelompok Paduan Suara ini banyak diminati oleh para pemuda pemudi, sehingga sering tampil membawakan pujian, baik di gereja THKTKH sendiri ( GKI Karangsaru ) ataupun di gereja  gereja lain. Salah satu penampilan mereka yang memukau umat Kristen di Semarang adalah saat membawakan puji  pujian di Gereja Protestant Semarang ( gereja Blenduk ) di pertengahan tahun 1950-an, yang saat itu dihadiri oleh beberapa pejabat Belanda, diantaranya residen Semarang saat itu. Pada tahun 1959, kelompok paduan suara THKTKH Semarang ini diberi nama “ELIATHA”, yang diambil dari nama anak – anak Heman, yang merupakan anggota paduan suara dalam ibadah Daud dan panglimanya ( I Tawarikh 25 : 4, 27 ).

Pada periode 1963 – 1966, PS “Eliatha” diasuh dan dipimpin oleh seorang ahli musik lulusan sekolah musik Amerika, Elga Oei, yang kemudian mengolah dan mengasah PS “Eliatha” menjadi paduan suara yang berbobot. Dalam melatih paduan suara ini, Elga Oei tidak saja mengajarkan bagaimana teknik menyanyi yang benar, tetapi juga membentuk kader – kader pemimpin paduan suara. Sebagai hasilnya, beberapa diantara mereka masih melayani sebagai pemimpin paduan suara di lingkungan GKI sampai saat ini dan PS. “Eliatha” sendiri tetap kompak dan setia melayani dalam pujian – pujian.

Paduan Suara "Eliatha" (1966)

Pada masa – masa selanjutnya, seiring dengan bergantinya generasi, maka berdirilah kelompok-kelompok paduan suara baru, sesuai dengan kelompok umur mereka. Guna mengelola dan membimbing kelompok paduan suara yang ada, maka Majelis Jemaat GKI Karangsaru membentuk Komisi Paduan Suara dan Kesenian (KPK).

Saat ini ada beberapa kelompok paduan suara yang berada di bawah naungan KPK :

  • Paduan Suara “Nafiri Christi” ( umum ), jadwal latihan : setiap Minggu jam 19.00.
  • Paduan Suara “Apostolos” ( umum ),  jadwal latihan : setiap Jumat jam 19.30
  • Paduan Suara “Gita Gloria” ( Komisi Senior ), jadwal latihan : setiap  Selasa jam 14.00
  • Paduan Suara “Debora” ( jemaat wanita dewasa ), jadwal latihan : setiap  Selasa jam 17.30
  • The Nativity Choirs ( Komisi Pemuda ), jadwal latihan :  setiap Minggu jam 11.00
  • Vocal Remaja ( Komisi Remaja ), jadwal latihan : setiap Sabtu jam 17.30
  • Vocal Madya ( Komisi Madya ), jadwal latihan : setiap Minggu jam 11.00
  • Ansamble Musik ( Anak SM, Remaja, Madya ), jadwal latihan : setiap Minggu jam 10.30
  • Angle Choirs (  Anak Sekolah Minggu ), jadwal latihan : setiap Sabtu jam 18.00
  • Little Angle Choirs (  Anak Sekolah Minggu – Balita ), jadwal latihan : setiap Sabtu jam 18.00

Paduan Suara "Nafiri Christi"

%d bloggers like this: