Komisi Anak

Kilas Perjalanan

Menyadari pentingnya pekabaran Injil dan pembinaan iman Kristiani kepada anak – anak, maka setahun setelah berdirinya, GKI Karangsaru ( dahulu THKTKH Semarang ) memulai kegiatan Sekolah Minggunya yang pertama pada tanggal 1 April 1936, bertempat di Gereja Zendingkerk, jalan Mlatentiangwi 27.  Saat pertama kali diadakan, ada 55 anak yang mengikuti kegiatan Sekolah Minggu di Zendingkerk. Selanjutnya, diadakan juga Sekolah Minggu di jalan Plampitan 31 yang berhasil mengumpulkan 47 anak, yang sebagian besar adalah anak – anak perempuan dari “Te Huis Voor Chinese Meisjes” ( Rumah Piatu Anak Perempuan ) di Kranggan Barat, milik keluarga Oie Tiong Ham. Walau di dalam sejarah perjalanannya banyak tantangan dan hambatan yang harus dihadapi, tetapi Tuhan sendirilah yang selalu memimpin dan memberkati anak-anakNya, sehingga Sekolah Minggu dapat terus tumbuh dan berkembang sampai hari ini.

Sekolah Minggu tahun 50-an

Program Kerja

Kini, di tengah derasnya arus perubahan jaman dan globalisasi, makin banyak tantangan yang harus dihadapi gereja dalam pembinaan iman anak. Oleh karena itu, Komisi Anak menetapkan tujuan – tujuan berikut dalam program kerjanya :

  • Meningkatkan kehidupan rohani anak melalui kebaktian Anak
  • Meletakkan dasar – dasar iman kepada anak dengan mempertimbangkan perkembangan jiwa anak
  • Peningkatan metode pengajar / penyampaian Firman Tuhan dalam berbagai sarana dan pra sarana.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Komisi Anak merencanakan pembinaan iman anak melalui berbagai variasi kegiatan :

  • Ibadah rutin Anak Sekolah Minggu : Karangsaru Pagi ( 07.45 ), Karangsaru Siang ( 09.00 ), Suburan ( 07.30 ), Gambiran ( 08.30 )
  • Ibadah gabungan murid kelas 6 dengan kebaktian Madya
  • Kebaktian gabungan dan perjamuan kasih dari kelas Batita – Kelas 5 ( Minggu ke V )
  • Kebaktian Padang, kebaktian SM yang dilakukan di luar kelas / alam terbuka.
  • Happy Day, sebuah acara unik di hari Sabtu yang akan mengasah ketrampilan, kreativitas dan persahabatan anak SM dari kelas 1 – 6 ( dua bulan sekali )
  • Camp Anak, camp yang diperuntukkan bagi anak kelas  6 yang lulus SD, guna mempersiapkan mereka memasuki kelas Madya dan Remaja
  • Sekolah Alkitab Liburan, acara pembinaan bagi anak SM di masa – masa liburan sekolah
  • Kelompok paduan Suara “Angle Choir” & Ansamble Musik, mengembangkan bakat anak di bidang musik dan tarik suara dan mengajarkan kepada anak untuk menggunakan talentanya untuk kemuliaan nama Tuhan.

Di samping itu, Komisi Anak juga menyadari bahwa tidak cukup anak SM saja yang harus dibina, tetapi para Guru Sekolah Minggu ( GSM ) perlu mendapat perhatian dan pembinaan yang berkesinambungan, melalui berbagai kegiatan, yaitu : Persiapan mengajar, Pembinaan Guru dan Persekutuan Doa Guru dan Aktivis SM.

Sekolah Alkitab Liburan ( 2008 )

Paduan Suara "Angels Choir" (2009)

%d bloggers like this: