Komisi Dewasa

Kilas Perjalanan

Komisi Dewasa dibentuk dan memulai pelayanannya kepada mereka yang berusia dewasa ( usia 30 – 55 tahun ) pada bulan Juni 1999. Komisi Dewasa sendiri adalah  pengembangan dari Komisi Wanita yang telah ada sebelumnya, sehingga pembinaan iman dan pelayanan kerohanian yang dahulunya hanya terbatas kepada para wanita, tapi sekarang diperluas juga kepada para kaum bapak / pria.

Perjalanan Komisi Wanita sendiri, sudah dimulai sejak tahun 1937,  ketika Majelis Jemaat menunjuk Greta Tan Kiauw Nio untuk merintis sebuah perkumpulan kaum wanita. Selain mengadakan persekutuan doa dan pemahaman Alkitab setiab Sabtu sore, Perkumpulan wanita ini juga mengadakan kursus ketrampilan bagi remaja putri, seperti : memasak, menjahit, merangkai bunga dan sebagainya. Dari hari ke hari, anggota perkumpulan wanita ini bertambah banyak jumlahnya dan akhirnya pada 10 Juni 1938 secara resmi berdirilah Perkumpulan Wanita THKTKH Semarang.

Pada tahun 1940, nama perkumpuan ini diubah menjadi “Chung Hua Chi Tuh Chia Fu Nu Hui”. Selanjutnya, tahun 1949 namanya diubah lagi menjadi perkumpulan Kaum Wanita “Debora” dan akhirnya, tahun 1964, perkumpulan Wanita ini diubah bentuknya menjadi Komisi Wanita “Debora”, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Majelis Jemaat.

Komisi Wanita "Debora" ( 1940-an )

Program Kerja

Sebagai komisi yang bertanggung jawab atas pembinaan iman dan pelayanan iman untuk kaum dewasa di gereja ini, maka Komisi Pemuda mengadakan berbagai kegiatan dan pelayanan, yaitu :

  • Kebaktian / Ceramah
    Kamis Minggu I : Kebaktian / Ceramah Pria / Wanita
    Kamis Minggu II : Kebaktian / Ceramah dewasa umum
    Kamis Minggu III : Kebaktian / Ceramah dewasa muda
    Kamis Minggu IV : Kebaktian / Ceramah pasutri
  • Acara Keakraban
    Sebuah acara yang disiapkan untuk menjalin keakraban di antara jemaat berusia dewasa, dalam bentuk : rekreasi, perjamuan kasih, jalan santai, dll.
  • Malam Sabda dan Nada ( KKR )
    Pembinaan iman jemaat berusia dewasa dalam bentuk Kebaktian Kebangunan Rohani
  • Bulan Keluarga
    Selama bulan Oktober, diadakan berbagai kegiatan yang bertujuan membina kehidupan rohani dalam keluarga
  • Camp Pasutri
    Camp yang diselenggarakan guna membina kehidupan rohani dalam keluarga & menjalin keakraban di antara pasutri
  • Pelayanan Keluar
    Mengajak para jemaat untuk memperhatikan mereka yang terabaikan, seperti ke Panti Asuhan, Panti Wreda, dan sebagainya.
  • Pasar Murah
    Meningkatkan kepekaan anggota jemaat dalam kehidupan sosial dalam bentuk memberikan perhatian dan pelayanan kepada jemaat dan masyarakat sekitar yang kurang mampu
  • Kursus Ketrampilan
    Memberikan pelatihan kepada jemaat dan simpatisan, yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mereka, seperti : memasak, merangkai bunga, dll.

Malam Kasih Sayang ( Komisi Dewasa - 2009 )

%d bloggers like this: