Posted by: gkikarangsaru | January 6, 2010

Drama : Sebab Dia Hidup !


Genre : Drama Paskah

Estimasi Waktu : 75 menit

Dipentaskan di GKI Karangsaru, Perayaan Paskah 2000

RINGKASAN CERITA

Pada masa Yesus hidup dan mengajar, adalah seorang laki-laki pincang yang selalu setia mengikut kemana Yesus pergi. Tak seorang pun yang ingat siapa namanya yang sebenarnya, tapi mereka hanya biasa memanggilnya dengan sebutan : Si Pincang. Ya, karena kakinya yang pincang itulah orang selalu mengejek dan memandang rendah dia.

Tetapi karena kakinya yang pincang itu pula yang membawanya datang kepada Yesus. Dia sudah banyak mendengar cerita tentang Yesus; seorang guru yang pandai mengajar sekaligus seseorang yang banyak membuat mujizat : orang lumpuh dapat berjalan, orang buta disembuhkan, orang yang kerasukan setanpun disembuhkanNya. Oleh karena itulah, dia setia mengikuti kemanapun Yesus pergi dan mengajar, dengan satu harapan di dalam hatinya : Yesus pasti sanggup membuatnya sembuh !

Tetapi segala mimpinya mendadak sirna, begitu dia menyadari bahwa Guru yang selama ini dipujanya harus mati secara memalukan, tergantung di atas kayu salib. Betapa hancur dan kecewa hatinya ketika melihat Yesus yang dihormati dan dipujanya itu seakan-akan sudah tak berdaya lagi. Dan itu berarti, dia tidak akan pernah sembuh !

Pergumulannya terus berlanjut ketika dia mendengar berita bahwa Yesus telah bangkit dari matiNya.  Hatinya pun bertanya penuh harap : Apakah itu berarti, ia masih punya kesempatan sembuh dan dapat berjalan seperti orang yang lain ?

Tetapi diakhir pergumulannya dia menyadari, bahwa ternyata Gurunya itu bukan sekedar guru yang pandai mengajar dan membuat mujizat saja, tetapi lebih dari itu dia melihat dan sungguh-sungguh percaya bahwa Yesus itu adalah Tuhan, Allah yang hidup, yang berkuasa atas maut dan selalu setia memelihara kehidupannya, walaupun kakinya tetap cacat.

PEMERAN

Si Pincang

Seorang laki – laki tua miskin dengan kaki yang cacat; seorang yang   penakut, rendah diri dan merasa hidupnya tidak berguna, oleh karena kakinya yang pincang itu. Oleh sebab itu, dia selalu cemas dan kuatir akan hidupnya.

Enos

Anak angkat dan sahabat Si Pincang, seorang pemuda sederhana, tapi setia kawan. Selain itu dia seorang yang energik, banyak akal, walaupun terkadang berkesan ‘sok tau’. Sayangnya dia orang yang sangat rasional, sehingga dia tidak bisa mengerti dan percaya bahwa Yesus telah bangkit dari kematian.

Thomas

Murid Yesus, seorang pengecut yang berhati kecil dan berpikiran sempit, selalu ragu-ragu dan tidak mudah percaya, termasuk mempercayai kebangkitan Yesus.

M. Magdalena

Seorang wanita pengikut Yesus; seorang yang setia, tulus hati dan  pemberani. Yesus pernah menyembuhkannya  ketika dia kerasukan 7 setan.

Prajuri Romawi

Sekelompok prajurit romawi; orang-orang yang kasar, keras tapi pengecut dan juga mata duitan. Mereka terdiri dari 1 komandan dan 4 prajurit.

Jika anda ingin mendapatkan naskah drama ini, silahkan kirimkan email anda ke :

GKI.Karangsaru@Yahoo.com


Categories

%d bloggers like this: